BelajarApapun.Com
5 Aspek Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Feature. Foto: idntimes.com

5 Aspek Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Feature

BelajarApapun.com, Jakarta – Feature yang biasa disebut juga tentang “karangan khas” menjadi pilihan wajib periode dalam media, baik mingguan atau bulanan. Hal ini dikarenakan sifat dari tulisan feature ada kekhasannya tersendiri. Jika ditilik awal dari makna asalnya, Feature yang berarti “menampilkan atau menonjolkan”. Tulisan Feature ini menonjolkan inti dan unsur dari peristiwa yang mengandung ketertarikan manusia. Feature sendiri mengangkat sebuah topik secara mendalam dengan bergaya sastra, pemilihan diksi yang indah dan mengindahkan dari karakter bahasa jurnalistik yang cenderung lugas dan ringkas.

Baca juga: 5 Media Sosial yang Bisa Mendukung Personal Branding

Agar penulisan feature menjadi optimal, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Memilih Segi (Angle) dan Mencari Ide 

Angle berfungsi untuk membuat tulisan berfokus pada satu titik yang jelas. Sudut pandang yang telah dipilih haruslah penting, menarik, tajam dan juga jernih, sehingga langkah selanjutnya bisa dipermudah seperti mencari narasumber, data dan fakta, dan lain-lain. Gunakanlah imajinasi dan kekuatan pengamatan yang lebih untuk melihat hal-hal menarik yang luput dari perhatian khalayak.

2. Alur

Pemilihan alur feature dapat disesuaikan dengan feature yang dipilih. Bisa secara kronologis atau kilas balik. Jika kronologis, maka peristiwa diurutkan dari awal hingga akhir. Sebaliknya, jika kilas balik yang dipilih, maka penulis memulai dari perisiwa sekarang dan mudur ke belakang.

3. Konteks

Konteks diperlukan agar dapat memberikan pemahaman kepada pembaca tentang alasan dibuatnya tulisan dan mengapa tulisan tersebut penting dibaca. Konteks dapat dimiliki ketika penulis sudah mempunyai topik dan angel tulisan. 

4.Fokus

Setiap berita feature haruslah fokus terhadap masalah dan angel yang sebelumnya sudah ditetapkan. Dengan adanya fokus ini membuat tulisan tidak merambah dan melantur kemana-mana. Jika sedang menulis dan menemukan bahan menarik, maka simpanlah untuk ide pada tulisan selanjutnya agar fokus dari tulisan yang sedang digarap tidak hilang. Agar tetap fokus hal-hal yang dilakukan adalah membuat outline, memilih awal cerita, runtutan cerita, 

5. Teknik Penulisan

Dalam Penulisan Feature ada teknik penulisan seperti:

-Spiral : Paragraf selanjutnya yang lebih rinci menjelaskan dari paragraf selanjutnya

-Blok : Bahan-bahan yang ada disajikan dalam alinea yang terpisah secara lengkap

Baca juga: Elemen Berita Feature

Penulis harus menggunakan teknik agar menjaga semua berada pada tempatnya. 

Penulis: Riska Arlianda | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter