BelajarApapun.Com
5 Media Sosial Yang Bisa Mendukung Personal Branding. Foto: hantologie.com

5 Media Sosial Yang Bisa Mendukung Personal Branding

BelajarApapun.com, Jakarta – Saat ini selektif dan bijak dalam penggunaan media sosial penting dilakukan agar personal branding-mu meningkat dalam arti positif. Dampak positif yang dibentuk dari aktivitas di media sosial adalah personal branding sehingga mampu mengangkat reputasi seseorang dalam berkarier untuk menunjang kehidupan selanjutnya. 

Baca juga: Manajemen Rencana Melanjutkan Studi di Masa Pandemi

Dalam dunia kerja, dilansir dari @work linkedIn, sebanyak 78% pembuat keputusan dalam proses rekrutmen dilihat dari profil LinkedIn kandidat dan sebanyak 73% dari para pembuat keputusan yakin bahwa kesan yang dibentuk di media sosial sama pentingnya dengan di dunia nyata.

Akan muncul pertanyaan bahwa, bagaimanakan cara yang tepat dalam membangun personal branding di media sosial? pertama-tama kenali dulu karakter dari media sosial sehingga kita mampu mengatur strategi dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. LinkedIn

Platform ini dapat kamu gunakan untuk memuat portofolio dan menunjukkan tingkat profesionalitas seseorang. Aktif dalam memposting sebuah pengetahuan, tips dan trik, strategi, maupun teori-teori baru dalam dunia pekerjaan juga bisa menambah nilai personal branding.

2.Instagram

Instagram dengan ciri khasnya menampilkan visual dengan caption dapat dimanfaatkan untuk membangun brand image. Seseorang bisa mengetahui siapa kita dari feed yang kita sajikan dan tak lupa juga ada fitur instastory yang mampu menampilkan foto atau video semipermanen. 

3. Twitter

Berasal dari kata “tweet” yang artinya adalah kicauan, maka media sosial ini berfungsi untuk berbagai opini, berita, kajian. Dalam hal ini validitas sangat diperlukan agar personal branding yang tersirat tidak memberikan kesan negatif.

Baca juga: Personal Branding di Media Sosial

4. Youtube

Youtube menampilkan video yang dibuat oleh individu maupun kelompok. Mengunggah video di Youtube mampu meningkatkan brand awareness terhadap dirimu.

5. Facebook

Platform ini masih bisa menjadi pilihan yang tepat  untuk berbagi opini yang dapat dikaitkan dengan branding kita selama ini. 

Medsos tersebut sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan personal branding. Jika kamu mampu mengenali karakteristik dari media sosial tersebut maka akan mendapat manfaat lainnya seperti, memperluas networking, baik dalam ranah keprofesian maupun pertemanan yang bisa menguatkan dan berintegrasi dalam bidang yang sedang kamu tekuni. Secara sadar tidak sadar, medsos mampu mempengaruhi followers atau orang yang terhubung dengan kamu, konklusi nya adalah jika citra media sosialmu baik, maka kamu akan lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu.

Baca juga: Tips Membangun Personal Branding

Penulis: Riska Arlianda | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter