BelajarApapun.Com
Anies-Indonesia Mengajar
Foto : Portal Islam

Anies Baswedan: Sosok Dibalik Indonesia Mengajar

BelajarApapun.com, Bandung – Banyak orang mengenalnya sebagai salah satu tokoh politik yang saat ini tengah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun, Anies Baswedan sesungguhnya juga merupakan sosok yang sangat peduli terhadap kondisi pendidikan di Indonesia. Selain pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kiprahnya di dunia pendidikan juga dibuktikan dengan inisiasinya mendirikan gerakan Indonesia Mengajar.

Indonesia Mengajar sendiri adalah sebuah gerakan yang berupaya untuk mewujudkan janji kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya ini dilakukan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, terutama kalangan muda untuk ambil bagian memajukan pendidikan Indonesia.

Baca juga : Tahun Baru, Yuk Bangun Semangat Belajar Baru!

Sebelum menginisasi Indonesia Mengajar, Anies memang telah berkecimpung dalam dunia kerelawanan pendidikan sejak masih menjadi mahasiswa aktif di Universitas Gadjah Mada. Setelah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa UGM, pada tahun 1996 Anies mendirikan Center for Student and Community Development (CSCD) bersama beberapa temannya di Yogyakarta.

Latar belakang keluarganya yang juga berkecimpung di dunia aktivis pendidikan mungkin menjadi salah satu faktor utama kepedulian Anies untuk turut bergerak membangun pendidikan. Baginya, mengirim Pengajar Muda (sebutan bagi relawan Indonesia Mengajar) ke berbagai daerah di pelosok tidak hanya akan mendistribusikan pendidikan, tetapi lebih jauh lagi, juga mendistribusikan masa depan bangsa.

Walaupun relawan yang dikirim memang kebanyakan masih merupakan mahasiswa fresh graduate yang minim pengalaman menjadi guru, Anies yakin para Pengajar Muda ini dapat memberikan metode yang baru dan menarik agar para murid lebih semangat untuk belajar dan meraih pendidikan.

Baca juga : INDISCH: Platform Pendidikan Raih Penghargaan di TOP Digital Awards

Tak hanya belajar mengenai dunia pendidikan, Pengajar Muda juga diharapkan dapat belajar mengenai kepemimpinan karena harus beradaptasi dengan daerah baru dan memecahkan masalah secara mandiri. Dari sini, Anies berharap Indonesia dapat memiliki generasi bangsa yang dapat memimpin dengan baik. Tentunya, generasi bangsa itu bukan hanya dari Pengajar Muda saja, tetapi juga anak-anak bangsa yang telah diajar dalam program Indonesia Mengajar.

Menariknya, walaupun memiliki kesempatan untuk membantu Indonesia Mengajar dengan jabatannya di pemerintahan saat ini, Anies mengatakan akan membiarkan Indonesia Mengajar beraktivitas secara mandiri. Hal ini sejalan dengan prinsip awalnya untuk mendirikan gerakan pendidikan masyarakat sipil yang tidak mengandalkan pemerintah.

Anies yakin Indonesia Mengajar dapat berdiri sendiri dengan orang-orang hebat di dalamnya. Sebagaimana ungkapannya, “Anak muda memang minim pengalaman, karena itu ia tak tawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan.”

Baca Juga: 5 Beasiswa Dalam Negeri Ini Sayang Untuk Dilewatkan

Penulis : Nur Hidayah | Editor : Muhammad Wahiddin

Add comment

Newsletter