BelajarApapun.Com
BelajarApapun: Webinar Personal Branding With Nizar Arifshidqi. Foto: BelajarApapun.

BelajarApapun: Webinar Personal Branding With Nizar Arifshidqi

BelajarApapun, Jakarta – Pada hari Jum’at (9/4/21) Belajarapapun.com mengadakan kembali webinar dengan tema personal branding. Pada webinar kali ini diangkat dengan membawa judul “Get to Know and Improve Your Personal Branding” dengan narasumber Nizar Arifshidqi. Lelaki muda ini sudah menyandang berbagai prestasi seperti menjadi ‘Duta Anak Jawa Barat 2018’, ‘Duta Anak Kota Depok 2018’, ‘Duta Genre Putra Kota Depok 2020’ dan masih banyak prestasi lainnya dari Kak Nizar Arifshidqi.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Personal Branding yang Perlu Kamu Tahu

Seperti biasa, pada setiap event seminar dan webinar selalu diawali dengan pengenalan profil dari pembicara Kak Nizar Arifshidqi yang akan dibawakan oleh MC dari webinar kali ini yaitu Muhammad Dafa Dhiya A (Dafa) selaku kontributor dari Ruang Tulis Batch II BelajarApapun.com. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh CEO dari Belajarapapun.com yaitu Kak Nyimas Kholidya Rizky Amalia.


Pada webinar ini, Kak Nizar yang merupakan mahasiswa dari Universitas Padjajaran menyampaikan bahwa dirinya terjun pada jurusan sastra sunda karena diawali oleh beberapa background prestasi yang berkaitan dengan kesusastraan bahasa sunda.


Mengutip ucapan dari Pandji Pragriwaksono, “Surga dunia itu adalah ketika kita hidup dari kita yang cintai, dan bisa hidup dari apa yang kita cintai dan personal branding adalah jalannya.” Dalam kutipan tersebut yang membawa Kak Nizar untuk mulai melangkahkan dirinya untuk semakin menampakkan namanya di kalangan massa. Sehingga Kak Nizar kemudian memberikan tahapan pribadinya untuk dapat mengembangkan personal branding meliputi; menemukan keunikan diri, dikenal target audience, dan membangun kredibilitas diri.


Pada tahapan menemukan keunikan diri, Kak Nizar menyampaikan untuk bisa menerima diri kita sendiri, karena kita harus benar-benar menerima diri baik dari baik buruknya kita dan bagaimana kita bisa berdampingan dengan keadaan diri. Kemudian mengingat kembali masa kecil, mengenai apa saja yang menjadi kecenderungan diri di masa kecil. Kemudian bertanya pada orang lain mengenai diri kita, agar kita dapat melihat diri kita sendiri melalui orang lain sehingga di sana terdapat sesuatu yang dapat kita tonjolkan dan kembangkan.


Pada tahapan dikenali oleh target audience, Kak Nizar memaparkan bahwa agar kita dalam berusaha memperkenalkan diri kita sendiri dilihat dengan memahami apa dan siapa diri kita, mengetahui bagaimana cara kita bekerja, mengikuti organisasi yang sesuai oleh diri kita, mengeksplor ilmu dan wawasan dari hal yang kita sukai, dan mengikutsertakan diri ke khalayak publik.


Pada tahapan membangun kredibilitas diri, Kak Nizar menyampaikan tahapan ini bisa dicapai dengan respect terhadap orang lain, memiliki sikap dan penampilan yang terbaik, memiliki rasa empati dan responsif, selalu membuka diri untuk terus belajar, berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, memiliki managemen time dengan baik, bersikap pada diri sendiri dan orang lain, berani mengambil resiko, selalu berusaha membangun kerjasama yang baik, memiliki batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, dan memiliki orang yang dapat dipercaya sebagai rekan tetap.

Baca juga: Pentingnya Personal Branding di Media Sosial

Dalam hal ini Kak Nizar menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan personal branding adalah terus menjaga komitmen dan konsistensi dibarengi terus belajar dan terus mengeksplor diri terhadap bidang atau tujuan yang diinginkan. Sehingga melalui itu semua personal branding akan mengalir sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan diharapkan.

Penulis: Riski Murdianto | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter