BelajarApapun.Com
Dokumentasi Salah Satu Kegiatan dari Pengabdian Masyarakat Vokasi UI dan Tim Posyandu Remaja (sumber :https://www.ui.ac.id/)
Dokumentasi Salah Satu Kegiatan dari Pengabdian Masyarakat Vokasi UI dan Tim Posyandu Remaja (sumber :https://www.ui.ac.id/)

Dosen Vokasi UI Ajak 29 Posyandu Remaja Cegah Covid-1

BelajarApapun.com, Malang – Badra Al Aufa, Dosen Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) Program Studi Administrasi Rumah Sakit membuat lokakarya pencegahan penularan covid-19 yang mengajak 29 Posyandu Remaja. Selain itu lokakarya ini diadakan berkat kerjasama apik dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Lokakarya ini diadakan pada hari minggu (22/11/20) kemarin.

Badra menjelaskan alasan  lokakarya ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas remaja untuk bekerja bersama membatasi penularan covid-19. Selain itu,  program ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat Vokasi UI yang rutin. Program  Posyandu Remaja di Kota Tangerang Selatan sudah berjalan selama tiga tahun dengan jumlah 29 Posyandu remaja sampai saat ini.

“Adanya lokakarya Posyandu Remaja di Tangerang Selatan dapat  mendorong remaja sebagai pendidik teman sebayanya dan mempromosikan perilaku 3M, dalam mencegah penularan covid-19,” kata Badra Al Aufa.

baca juga : Komunikasi Efektif di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Dunia Pendidikan

Ketua Tim Pengabdi Posyandu Remaja sekaligus Dosen Vokasi UI Badra Al Aufa mengatakan, “Program ini adalah lanjutan dan pengembangan program yang telah dilakukan pada tahun 2018 dimana posyandu remaja telah dibuka pada 3 lokasi yaitu di Kelurahan Serua, Sawah Baru, dan Cempaka Putih. Penambahan lokasi kami lakukan karena antusiasme warga sangat positif ketika kesehatan anak-anak remaja mereka diperhatikan. Setiap bulannya hadir 30-50 remaja ke posyandu. Rata-rata mereka berkonsultasi tentang masalah pubertas, persepsi bentuk tubuh dan penanganan anemia pada remaja putri.

“Posyandu Remaja juga memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, gizi, pedoman hidup sehat (PKHS), Penyakit Tidak Menular (PTM), masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA bagi remaja, serta menciptakan wadah bagi generasi muda di masing-masing kelurahan sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat” ungkap Badra

 Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Alin Hendalin, juga menambahkan “Kader remaja yang telah dibentuk  dapat mendidik teman-temannya  tentang masalah kesehatan remaja yang timbul saat covid-19 di tempat tinggal masing-masing”. Alin juga menambahkan para kader remaja  harus mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker secara rutin . Akhir sambutan, Alin  mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan Vokasi UI dapat berlanjut di tahun mendatang dengan program pengabdian masyarakan yang lebih baik lagi.

baca juga : Dosen Vokasi UI Sukses dengan Program Posyandu Remaja

Penulis: Diya Khoirun Nisa | Editor: Nyimas Kholidya Rizky Amalia

Add comment

Newsletter