BelajarApapun.Com
Mahasiswa hukum yang pandai bermusik, Jircho Brascha. Foto: dok.istimewa

Jircho Brascha: Membawa Paduan Suara Indonesia ke Tanah Eropa

Satya Dharma Gita yang dipimpin oleh Jircho Brascha tahun 2018 silam menyabet tiga medali emas sekaligus dalam ajang 32nd Praga Cantat 2018 International Choir Competition and Festival yang dihelat di ibukota Republik Ceko, Praha.

Menjadi aktivis kampus memang merupakan hal yang menyenangkan dalam mengisi waktu luangmu untuk menjadi lebih produktif. Hal ini juga dilakukan oleh seseorang yang kami wawancarai kali ini yaitu, Jircho Brascha. Bertahun-tahun berkecimpung di bidang musik, tidak menyurutkan dirinya melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro. Ternyata, bakat yang selama ini Ia asah semakin tajam dan membawanya mengharumkan nama Indonesia di Negeri Ratusan Tombak, Republik Ceko.

Kuncinya memang usaha dan kerja keras, semua komponen utama itu membuahkan hasil manis dengan dibawa pulangnya gold medal ke tanah air. Bukan hanya satu, tapi tiga! Terkejut, tapi sekali lagi Puji Tuhan karena tanpa usaha dan kerja keras hal ini tentunya akan sulit dicapai.”

Melalui Satya Dharma Gita, Paduan Suara Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Jircho berkiprah di dunia musik sembari menuntut ilmu. Lantas apa sih tantangan membawa nama besar Satya Dharma Gita? “Satya Dharma Gita telah menjadi tempat bagi para mahasiswa Fakultas Hukum UNDIP mengembangkan bakatnya di bidang musik, terutama seni paduan suara. Membawa nama baik Satya Dharma Gita juga merupakan kehormatan bagi kami semua, sehingga musik Indonesia bisa terkenal di level internasional, nah dengan nama yang begitu besar, maka makin besar tantangan kami untuk mempertahankan atau bahkan semakin mengharumkan Satya Dharma Gita” tuturnya.

Tahun 2018 silam, Satya Dharma Gita menyabet tiga medali emas sekaligus dalam ajang 32nd Praga Cantat 2018 International Choir Competition and Festival yang dihelat di ibukota Republik Ceko, Praha. “Kuncinya memang usaha dan kerja keras, semua komponen utama itu membuahkan hasil manis dengan dibawa pulangnya gold medal ke tanah air. Bukan hanya satu, tapi tiga! Terkejut, tapi sekali lagi Puji Tuhan karena tanpa usaha dan kerja keras hal ini tentunya akan sulit dicapai,”

Kiprah Satya Dharma Gita di 32nd PRAGA CANTAT 2018 International Choir Competition and Festival. Foto: dok.istimewa

“Berkali-kali kami membawa pulang medali emas, salah satunya yang sangat saya ingat juga ketika Karangturi International Choir Competition di Semarang. Di dalam kepengurusan saya, kami lagi-lagi membawa pulang medali emas, sungguh bahagia membawa nama harum Fakultas Hukum dan juga UNDIP sekali lagi,” kenangnya.


Baca juga : Bu Mae, Pejuang Pendidikan di Pelosok Sukabumi

Kembali membawa medali emas di Karangturi International Choir Competition 2019. Foto: dok.istimewa.

Mulai tertarik di bidang organisasi ketika duduk di bangku kuliah, Jircho juga membagikan tips untuk kamu yang ingin tetap eksis dengan nilai akademik yang baik. “Menjadi mahasiswa itu kesempatan besar bagi kamu untuk eksplorasi apa yang ingin kamu jalani untuk hidup. Jadi, jangan halangin peluangmu dengan berdiam diri. Semua kegiatan bisa berjalan seiringan, asalkan belajarlah mengatur waktu dengan baik. Usaha keras itu penting, tapi tetaplah lepas penat dengan kegiatan yang kamu sukai supaya kamu tetap bisa berkreasi dan tetap produktif,” pungkasnya menutup pembicaraan.

Penulis : Nyimas Kholidya Rizky Amalia | Editor : Muhammad Wahiddin

Add comment

Newsletter