BelajarApapun.Com
Kemendikbud Meluncurkan Program Guru Belajar dan Guru Berbagi. Foto: kemdikbud.go.id

Kemendikbud Meluncurkan Program Guru Belajar dan Guru Berbagi

BelajarApapun.com, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan sumber belajar mandiri pada calon guru yang menjadi bagian dari Program Guru Belajar dan Guru Berbagi. Peluncuran sumber Belajar Mandiri ini dilakukan secara dari di Jakarta, Rabu (3/3/2021). Seri sumber Belajar Mandiri ini digunakan sebagai media untuk para calon guru yang akan mengikuti seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) pegawai pemerintah dengan Pejanjian Kerja (PPPK).

Baca juga: Resiko Lost Generation Kemendikbud Diminta Percepat Luring

Dilansir dari kemdikbud.co, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Iwan Syahril,  mengatakan, guru dan belajar merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan. Dalam proses belajar mengajar, sumber belajar yang memiliki peran penting ialah seorang guru. Sehingga tidak menutup kemungkinan, seorang guru harus tetap belajar.

“Ketika kita menggiatkan wajib belajar, maka sebenernya tidak ada orang lain yang lebih wajib untuk belajar daripada seorang guru, kita mengampanyekan belajar, maka seharusnya tidak ada yang lebih gemar belajar daripada seorang guru. Saya mendorong bapak/ibu semua untuk bersifat proaktif dan mengambil inisiatif untuk mengambil sumber belajar,” ungkap Iwan Syahril saat pelunucuran seri ini.

Tujuan dari peluncurusan seri sumber Belajar Mandiri ini ialah mendorong budaya belajar dan berbagi di antara para tenaga pendidikan di Indonesia. Melalui program Guru Belajar dan Guru Berbagi ini diharapakan dapat memperluas akses belajar untuk semua guru di Nusantara Indonesia.

Iwan Syahril mengharapkan melalui program ini, guru-guru dapat mengembangkan diri. “Guru-guru dapat terus mengembangkan diri secara berkelanjuran, tanpa menunggu adanya surat tugas untuk melakukan itu,” tutur Iwan.

Dalam membentuk seri sumber Belajar Mandiri diri pada Program Guru Belajar dan Guru Berbagi terdapat kolaborasi antara pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan.

Sekretasis Ditjen GTK, Nunuk Suyani menyampaikan bahwa Kemendikbud telah mengintegrasikan layanan Guru Berbagi dan Guru Belajar kedalam satu portal agar lebih mudah diakses oleh publik. Pada program ini, kita bisa mendapatkan fasilitas berbagai macam bimbingan teknis daring, pendidikan dan pelatihan daring, berbagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), artikel pembelajaran, video pembelajaran, dan aksi webinar. Program ini dapat diakses melalui gurubelajardanguruberbagi.kemendikbud.go.id.

Program ini mendapatkan respon positif dikalangan guru, salah satunya dari, Septin Puji Kurniawati, Guru SDN Cebongan 02 Jawa Tengah yang merasakan banyak manfaat yang ia rasakan dalam mengikuti program ini. “Saya sangat senang. Berdasarkan pengalaman saya, saya jadi lebih terbantu dengan program Guru Belajar dan Guru berbagi.” Tuturnya yang dilansir dari kemendikbud.go.id.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Mendengar aspresiasi dari para guru yang senang dengan Belajar Mandiri dari Program Guru Belajar dan Guru Berbagi ini. Dirjen Iwan akan menambah fasilitas yang lebih untuk para guru yang mengikuti program ini agar semakin baik dalam melayani para murid. Selain itu, ia juga mengajak agar para guru berbagi tugas dan berkontibusi dalam ekosistem pendidikan. Pengalaman-pengalaman sebagai guru di berbagai bidang, diharapkan dapat saling berbagi satu sama lain agar cita-cita untuk mendidik anak pelajar lebih baik lagi untuk ke depannya.

Penulis: Alfian | Editor : Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter