BelajarApapun.Com
Taklimat Media Awal Tahun 2021 Kemendikbud. Foto: Youtube KemendikbudRI

Kemendikbud Perpanjang Kuota Internet Gratis Sampai Mei 2021

BelajarApapun.com, Jakarta Pusat – Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim memberikan informasi berlanjut mengenai perpanjangan masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hingga Mei 2021. Dalam hal ini Nadiem Makarim juga memberikan informasi mengenai tambahan subsidi kuota internet hingga bulan Mei 2021 sebagai pendukung proses PJJ.

“Kabar gembira, pemerintah akan melanjutkan bantuan subsidi kuota untuk bulan Maret, April dan Mei 2021,” ujar Nadiem Makarim dalam acara rapat kerja bersama Komisi X DPR (Rabu, 20/01/2021).

Nadiem Makarim juga mengimbuhkan program belajar yang ditayangkan di TVRI juga tetap berlangsung selama 30 menit. “Untuk program di TVRI, Pemerintah memfokuskan pembelajaran untuk peserta didik PAUD dan SD,” ujar Nadiem Makarim.

Baca juga : Nadiem: Kabar Gembira Kuota Belajar Gratis Lanjut Maret-Mei

Sebelumnya Kemendikbud sudah rutin memberikan subsidi kuota internet kepada guru dan peserta didik dalam menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa Pandemi Covid-19. Bantuan ini dikhususkan kepada peserta didik, guru, dosen, dan mahasiswa dalam menunjang proses pembelajaran secara daring.

Namun masih terjadi pro dan kontra terkait program-program darurat yang diturunkan Kemendikbud dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini. Perihal bantuan kuota internet, jauh sebelumnya sudah banyak complain dari guru dan peserta didik di mana masih ada yang belum mendapatkan kuota internet gratis ini. Ada juga peserta didik yang terkendala sinyal atau pun tidak memiliki gadget yang kompatibel dengan jaringan internet atau ponselnya belum android.

Mengenai program pembelajaran di TV juga menuai banyak komplain dari masyarakat di mana banyak orang tua yang mengeluh karena tidak memiliki TV, atau tidak ada sinyal TVRI di tempat mereka. Kendala-kendala yang dihadapi ini sudah menjadi momok utama yang terus diperbaiki oleh pemerintah.

Melalui data Kemendikbud, pemerintah sudah memberikan sudah memberikan subsidi kuoat internet pada tahun lalu sebesar 35.725.387 warga mulai dari peserta didik hingga dosen. Capaian ini tidak memenuhi target yang seharusnya ada 59.5 juta penerima. Data tersebut seharusnya memberikan gambaran bahwa dalam lapangan masih banyak terjadi pro dan kontra perihal data internet tersebut. Bahkan banyak yang mengeluh kalau susah dalam mengakses subsidi kuota internet yang sudah diberikan oleh pemerintah.

Pemerintah sudah memberikan langkah penanganan dalam dunia pendidikan Indonesia melalui bantuan serta program yang dilakukan secara darurat agar pembelajaran tetap berjalan dengan semestinya secara fleksibel. Diharapkan segala bantuan pendidikan bisa diaplikasikan dengan baik dan jujur oleh para pelaksana pendidikan.

Baca juga: Rekomendasi Film Bertema Pendidikan untuk Isi Waktu Luang

Penulis: Riski Murdianto | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter