BelajarApapun.Com
Tidak asing, bukan? Logo ini sudah lama ada di topi sekolahmu. Yuk tengok lagi! Foto: kemendikbud.
Tidak asing, bukan? Logo ini sudah lama ada di topi sekolahmu. Yuk tengok lagi! Foto: kemendikbud.

Makna Logo Resmi Kemdikbud

BelajarApapun.com, Jakarta – Siapa yang tak kenal dengan lambang yang satu ini? Rasanya, jika kita pernah mengenyam pendidikan di Indonesia, apalagi di sekolah negeri, logo ini sudah sangat familiar. Logo resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini memang kerap menghiasi topi upacara sekolah maupun perangkat pendidikan yang lainnya. Sebenarnya apa ya makna dibalik logo Kemdikbud ini?

Berdasarkan informasi resmi dari laman Kemdikbud, bentuk segi lima tersebut adalah representasi dari alam kehidupan Pancasila dan warna biru mudanya berarti pengabdian yang tidak pernah putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam.

Baca Juga: Arti di Balik Logo OSIS di Saku Seragam OSIS SMP dan SMA

Kemudian terdapat blencong atau semacam lampu yang biasanya digunakan pada pertunjukan wayang kulit pada bagian paling depan yang berwarna putih lengkap dengan apinya yang berwarna kuning yang membuat pertunjukan menjadi hidup, pemilihan warna kuning sendiri memiliki arti keagungan dan keluhuran pengabdian.

Pada blencong tersebut, terdapat motif burung garuda yang artinya sebagai gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Bagian ekor dan sayap garuda masing-masing terdiri dari lima helai bulu yang berarti ‘satu kata dengan perbuatan Pancasilais’.

Panduan warna logo kemendikbud. Foto: kemendikbud.

Pada bagian bawah terdapat bentuk buku yang merepresentasikan sumber bagi segala ilmu yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Selain warna biru, logo Kemdikbud juga didominasi oleh warna putih yang bermakna suci, bersih tanpa pamrih.

Selanjutnya yang tak kalah penting dan mungkin yang paling ikonik adalah kata-kata “Tut Wuri Handayani” di bagian atas. Kata-kata ini merupakan semboyan yang dibuat oleh Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia sekaligus Menteri Pendidikan pertama Republik Indonesia. Lengkapnya, semboyan tersebut berbunyi “Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani” yang berarti “Di depan memberikan teladan, di tengah membangun kekuatan dan terus berkaya, di belakang memberi dorongan”.

Baca Juga: Belajar dari Semangat Juang Bapak Pendidikan Indonesia

Makna logo ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 6 September 1977 tentang penetapan Lambang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2013, tentang Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penulis : Nur Hidayah | Editor : Nyimas Kholidya Rizki Amalia

Add comment

Newsletter