BelajarApapun.Com
Manajemen Rencana Melanjutkan Studi di Masa Pandemi. Foto: akamaized.net

Manajemen Rencana Melanjutkan Studi di Masa Pandemi

BelajarApapun.com, Jakarta – Siapa sih yang tidak mau mendapatkan beasiswa? Beasiswa selalu menjadi incaran bagi pelajar yang memimpikannya. Dengan memperoleh beasiswa rencana pendidikan yang mungkin terhalang biaya pendidikan dapat menjadi ringan. Di masa pandemi seperti ini jangan sampai menyurutkan semangat dalam menggapai. asa dan cita dalam melanjutkan studi. Ada beberapa hal yang mungkin harus diperhatikan seperti:

Baca juga: Tips Membangun Personal Branding

  1. Pahami Regulasinya

Dilansir dari Tirto.id bahwa penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di negara terdampak Covid-19 keberangkatannya harus ditunda sampai tahun depan atau bahkan sampai pandemi selesai. 

Setidaknya mereka yang sudah memulai duluan dan menerima beasiswa saja harus ditunda dahulu, sementara kita yang baru akan memulai mendaftar saat pandemi ini. Jadi, pastikan selalu untuk mengetahui informasi terkini terkait dengan regulasi yang dikeluatkan sehingga kita bisa mempersiapkan.

2. Menyiapkan Biaya Pribadi

Biaya menjadi hal krusial yang wajib dipersiapkan ketika ingin melanjutkan studi. Jika ditilik dari poin sebelumnya, diketahui bahwa penerima beasiswa saja mengalami ketidakpastian akan keberangkatannya. Kemungkinan selanjutnya akan berdampak pada penerimaan beasiswa yang semakin sulit karena situasi ini. Rencana yang mungkin dilakukan adalah mempersiapkan dana pribadi jikalau tidak memperoleh beasiswa. Jika tabungan belum memadai tetapi sudah diterima di Universitas dan jurusan impian maka ada pertimbangan lainnya yaitu, bekerja sambil kuliah. Di saat pandemi seperti ini, mayoritas perusahaan menjalankan kebijakan Work From Home yang bisa kamu siasati untuk mengerjakan pekerjaan dan kuliah tanpa perlu memikirkan mobilitas yang tinggi.

3. Mental yang kuat dan stabil

Sehat mental dan sehat jasmani sangatlah diperlukan terlebih jika menjalankan studi di luar negeri dengan zona waktu yang berbeda. Kemungkinan kita akan sering dihadapkan dengan kelas pada saat tengah malah atau dini hari. Jika kamu kuliah sambil bekerja, maka bbayangkan setelah WFH dari pagi hingga sore, setelah itu malamnya lanjut kelas hingga pagi. Membuat jadwal untuk pintar dalam membagi waktu dan memastikan istirahat yang cukup adalah pondasi utama untuk kamu tetap fokus dan mencapai tujuanmu ketika ingin melanjutkan studi. 

Baca juga: Bimbang Melanjutkan Kuliah di Tengah Pandemi Ini Alternatif yang Bisa Jadi Pilihan

Penulis: Riska Arlianda | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter