BelajarApapun.Com
Mengenalkan Kepada Anak Tentang Pendidikan Seks Melalui Lagu. Foto: www.dfunstation.com

Mengenalkan Kepada Anak Tentang Pendidikan Seks Melalui Lagu

BelajarApapun.com, Jakarta – Pendidikan seks masih sering dianggap tabu untuk diperbincangkan, apalagi dengan anak. Suatu hal yang masih dianggap tabu ini membuat orang tua menghindari dan enggan memberikan edukasi seks pada anak. Padahal faktanya, pendidikan seks sangat berguna diajarkan dari anak usia dini, karena pendidikan ini ilmu yang bermanfaat untuk anak agar terhindar dari hal-hal pelecehan seksual.

Saat ini informasi-informasi mengenai hal apapun sangat mudah kita dapatkan dari mana saja dan kapan saja, seperti tentang pendidikan seks. Bila anak-anak ingin tahu lebih dalam mengenai seksual, mereka bisa mencari informasi-informasi dari internet tersebut. Bila aktivitas ini tanpa bimbingan dan pengawasan dari orang tua, membuat anak-anak mendapatkan informasi yang keliru atau menyesatkan seputar topik seks tersebut.

Baca juga: Monolog Nadiem Makarim Tawarkan Program Kampus Mengajar

Peran orang tua sangat berguna untuk anak seputar pendidikan seksual, tetapi faktanya ada bebarapa orang tua tidak mengetahui bagaimana cara mengajarkan pendidikan ini pada anak.

Mengajar pendidikan seks pada anak bisa dimulai dengan mengenali anggota tubuh dan fungsinya, hal ini dapat dilakukan secara berulang-ulang. Selain itu, kita haru memberi pemahaman kepada anak bahwa anggota tubuh yang dimilikinya sangat berharga sehingga kita harus melindungi anggota tubuh dari ancaman kekerasan seksual. Memberi pemahaman mengenai hal-hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara apapun.

Dilansir dari kompas.com, Pendidikan seks pada anak juga bisa dilatih melalui lagu. Seperti yang dilakukan di TB & TK Ceria Timoho Yogyakarta. Sekolah ini mengajarkan pendidikan seks dengan lagu yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada anak didiknya begitu berharga tubuh yang dimilikinya.

Baca juga: Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak Melalui lagu Lindungi Diri

Menurut Kepala Sekolah TB & TK Ceria Timoho Yogyakarta, Silvi Hermin Ekasari, lagu berjudul “Lindungi Diri” itu diciptakan oleh para pengajar bertujuan memberikan pendidikan seks kepada anak didiknya. Melalui lagu tersebut, membuat anak mengetahui bahwa ia harus melindungi dirinya dari ancaman kekerasan pada dirinya tersebut.

Dilansir dari kompas.com, Silvi berharap melalui lagu yang diciptakan anak-anak lebih memahami tentang pendidikan seks. “Tujuan dikenalkan lagu tersebut, memberi edukasi ke anak-anak terkait pendidikan seks sejak dini. Melalui lagu supaya anak-anak lebih bisa cepat memahami” Kata Silvi Rabu, (10/2/2021)

Berikut lirik lagu “Lindungi Diri Tesebut”

Aku mandiri

Mampu Menjaga diri

Lingungi mulu, dada, dan kemaluan

Katakan tidak… tidak…

Katakan tidak… tidak…

Bila dilihat… dan disentuh…

Bila itu terjadi…

Lari cepat ke tempat ramai

Teriak minta tolong…

Pada orang di sekitarmu…

Lagu ini dapat mengedukasi kepada anak tentang bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan juga mengedukasi hal yang bisa dilakukan kepada anak bisa hal itu terjadi apa yang harus dilakukan.

Dilansir dari kompas.com, Silvi mengengukapkan, jika seorang anak tidak dikenalkan tentang seks dikhawatirkan akan muncul ketidakpahaman pada anak. Sehingga membuat anak mudah dirayu atau dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab.

“Saat seorang anak berhasil dibujuk, dirayu, disentuh daerah kelaminnya, kalau anak tidak paham akan berbahaya sekali untuk anak-anak,” ujar silvi.

Baca juga: Energi Terbarukan Sekam Padi Mahasiswa ITS Raih Emas di I2ASPO

Di Era saat ini, usia anak-anak maupun orang dewasa sangat rentan mengalami kekerasan dan pelecehan seksual, maka dari itu pendidikan seks diajarkan secara dini kepada anak merupakan langkah terpenting bagi orang tua, agar anak terhindar dari hal-hal yang kurang baik tersebut.

Penulis: Alfian | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter