BelajarApapun.Com
Pendaftaran UTBK-SBMPTN Telah Dibuka. Foto: kompas.com

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Telah Dibuka

BelajarApapun.com, Jakarta – Maraknya pengumuman SNMPTN yang menuai berbagai reaksi baik positif maupun negatif untuk siapa saja yang mengikuti proses seleksinya. Bagi peserta yang tidak lolos dalam SNMPTN jangan putus asa karena bisa mengikuti pendaftaran SBMPTN melalui laman www.portal.ltmpt.ac.id. 

Pasalnya, dikutip dari laman LTMPT Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN tersebar di 74 lokasi di seluruh Indonesia, di Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), bahkan hingga Universitas Papua.

Baca juga: Monolog Titik Point Program GSM Pendidikan SMK di Papua

Jadwal UTBK-SBMPTN gelombang 1 dilaksanakan pada 12 – 18 April 2021 dan UTBK gelombang II dihelat pada 26 April – Mei 2021.

UTBK merupakan selesi tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan LTMPT ini merupakan satu-satunya kembaga penyelenggaraan seleksi masuk perguruan tinggi terstandar di Indonesia. 

Baca juga: Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Dibuka Besok Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Adapun alur pendaftaran SBMPTN 2021, yaitu:

  1. Login dengan menggunakan akun LTMPT pada laman https://portal.ltmpt.ac.id;
  2. Melengkapi biodata diri
  3. Memilih Program Studi Yang Diminati;
  4. Mengunggah Portofolio;
  5. Memilih PUSAT UTBK;
  6. Melihat Nomor Pendaftaran;
  7. Konfirmasi Kartu Peserta;
  8. Unduh Kartu Peserta.

Terkait biaya yang dikeluarkan  untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2021 yakni sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian Campuran. 

Ada pengecualian bagi peserta yang telah dinyatakan diterima pada jalur SNMPTN tidak bisa untuk mendaftar jalur UTBK-SBMPTN 2021.

Baca juga: Sebanyak 110-459 Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN 2021

Jika Anda adalah peserta SNMPTN 2021 yang kemudian melakukan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebelum pengumuman dan dinyatakan lolos SNMPTN, maka keikutsertaan Anda dalam proses seleksi di SBMPTN tidak valid dan tidak diproses, lebih dari itu biaya yang dikeluarkan untuk pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Penulis: Riska Arlianda | Editor: Feramita Eka Hirniah

Add comment

Newsletter