BelajarApapun.Com
Bahas Pendidikan Parenting Lebih Dekat Lewat #SmallTalkwithBA

Bahas Pendidikan Parenting Lebih Dekat Lewat #SmallTalkwithBA

BelajarApapun.com, Jakarta – Belajar Apapun telah menggelar Live Instagram Bertajuk “Pendidikan Parenting untuk Generasi Muda, Penting Gak Sih?” pada Sabtu (6/2/2021) pukul 16.00 hingga 17.00 WIB. Acara ini dipandu oleh host Azzahra Rahmah Putri selaku Kontributor Ruang Tulis by BelajarApapun.com dan diisi oleh pembicara Mega Liani selaku Duta Pemuda Pendidikan Sukabumi, Saung Dongeng, Mama Milenial.

Live Instagram ini dimeriahkan dengan doorprize yang menarik.

Menurut kalian orang tua yang baik itu seperti apa? Apakah yang tegas? Atau yang tidak pernah marah?

Kemudian, seberapa pentingkah ilmu parenting bagi kaum milenial dan seberapa siapkah kaum milenial menjadi orang tua di masa yang akan mendatang? Apakah pendidikan parenting benar-benar dibutuhkan sebagai bekal generai millenial dalam membangun keluarga?

Pada Sabtu lalu (6/2), Belajar Apapun mengajak generasi milenial bersama Mega Liani yang disebut sebagai mama milenial menikah pada usia 20 tahun dan telah dikaruniai satu orang anak memahami pendidikan parenting lebih dalam.  Menurut Mega, dalam berumah tangga komitmen dan komunikasi sangatlah penting. Setelah berumah tangga tentu saja sudah tidak sebebas seperti sebelum menikah.

“Cara mengatasi permasalahan yang terjadi dengan pasangan, berkomunikasi secara baik-baik, meredam emosi, jangan sampai curhat kepada orang lain tentang keburukan pasangan. Lebih baik curhat dengan orang tua saja, yang lebih berpengalaman dalam membina rumah tangga.” Ungkap Mega.

Yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang ibu

1. Persiapkan diri sendiri

2. Persiapkan mental

3. Menjaga komunikasi dengan suami, orang tua, mertua secara intens

Cara menjadi lebih akrab dengan keluarga pasangan menurut Mega, harus pengertian, tidak egois, memahami bahwa suami tetap harus patuh pada orang tuanya.

Selanjutnya sesi tanya jawab dengan peserta Live Instagram

1. Pertanyaan pertama dari @sitorussihombinggruslina

“Bagaimana cara menjadi orang tua yang disenangi anak dan bisa dianggap teman, tapi anak juga bisa tau diri dan segan dengan orang tuanya?”

“Mencoba pengertian, jangan menyalahkan anak agar anak tidak takut mengungkapkan perasaannya.” Jawab Mega.

2. Pertanyaan kedua dari @ruthanjangsana

“Menurut Kakak, seberapa penting ilmu parenting sebelum menikah? Apakah dunia parenting benar-benar bisa diaplikasikan ke dunia real ya?”

“Sangat penting, sebelum menjadi orang tua, bukan hanya materi yang dibutuhkan, tetapi juga kita harus memastikan mental kita sudah kuat, memastikan diri kita sudah benar-benar siap untuk menikah. Menikah itu bukan untuk menyelesaikan masalah, karena setelah menikah justru akan bertambah lagi masalahnya. Tinggal bagaimana kita menyikapinya”, Ungkap Mega

3. Pertanyaan ketiga dari @evi_yanti96

“Assalamualaikum Mbak Mega. Sebelum menikah apakah sudah belajar mengenai konsep parenting terlebih dahulu atau belum sama sekali?”

Untuk konsep parenting, Mega mengakui belum sama sekali, namun pola asuh anak yang baik coba untuk selalu diterapkan yang buruk dijauhkan.

4. Pertanyaan keempat dari @ikairani5

“Bagaimana cara mendidik anak dari kecil agar dapat memilah mana yang baik dan yang buruk di media sosial?”

Mega mengaku tidak mengenalkan media sosial kepada anaknya, menurutnya nantinya akan tiba sendiri saat yang tepat bagi anaknya untuk mengenal media sosial. Mega tidak melarang tetapi mencoba menasehati agar anaknya agar mengetahui apa yang boleh dilakukan dan mana yang sebaiknya dijauhi.

5. Pertanyaan kelima dari @riski_murdianto

“Bagaimana cara menggerakan sosialisasi ilmu parenting karena di dunia nyata masih banyak orang tua yang belum memahami ilmu ini dan justru memberi sesuatu yang sebenarnya mengganggu mental anak?”

“Pendidikan orang tua tentunya berpengaruh sekali dalam mendidik anak. Selalu menggunakan kalimat yang positif ketika berbicara dengan anak seperti kata “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf”. Sehingga anak terbiasa berbicara positif”, tutur Mega.

Jadi ilmu parenting bukan hanya bermanfaat bagi orang tua untuk anak tetapi juga bermanfaat bagi anak untuk orang tua.

Bagi teman-teman milenial ilmu parenting bagi usia muda untuk mempersiapkan kehidupan pernikahan. Karena anak merupakan tanggung jawab orang tua di dunia sampai di akhirat. Karena setelah menikah kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru serta kebiasaan baru.

Baca juga: Khawatir Perihal Learning Loss Akhirnya dapat Diminimalisir

Penulis: Rani Widnadianti | Editor: Nyimas Kholidya Rizky Amalia

Add comment

Newsletter