BelajarApapun.Com
Sobat Mengajar Indonesia. Foto: Twitter @sobatmengajar.
Sobat Mengajar Indonesia. Foto: Twitter @sobatmengajar.

Sobat Mengajar Indonesia: Tetap Mengabdi di Masa Pandemi

BelajarApapun.com, Jakarta – Tak bisa dipungkiri, masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini membawa banyak perubahan pada aktivitas kita, termasuk dalam proses pendidikan. Banyak kegiatan yang terpaksa harus dialihkan menjadi daring atau bahkan ditiadakan sama sekali. Namun, bagi komunitas sosial Sobat Mengajar Indonesia, kondisi ini tidak menjadi penghalang untuk tetap dapat melaksanakan pengabdian di Kabupaten Lebak, Banten.

Sobat Mengajar Indonesia adalah sebuah komunitas independen yang berfokus pada bidang pendidikan dan kesehatan. Biasanya, kegiatan mereka adalah berupa pengabdian ke berbagai daerah di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten setiap semester dengan jangka waktu 2 hingga 3 minggu. Dengan tujuan mulia bagi masyarakat Lebak, tentu saja komunitas ini disambut baik oleh pemerintah setempat.

Berdiri sejak tahun 2017, komunitas yang digagas oleh sekumpulan mahasiswa ini mengumpulkan mahasiswa aktif dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk terjun ke desa. Adapun program yang biasanya dilaksanakan adalah Program Mengajar, Taman Baca, Cek Kesehatan, Desa Berhijab, 1000 Botol, Olimpiade Kecamatan, serta Pembekalan Guru. Tak tanggung-tanggung, dalam satu kali masa pengabdian, Sobat Mengajar dapat melaksanakannya di hingga 30 sekolah sekaligus dengan lebih dari seratus volunteer.

Relawan Sobat Mengajar Idonesia angkatan 2020. Foto: Twitter @sobatmengajar

Baca Juga: 7 Tips Personal Branding Ala Mahasiswa Saat Pandemi

Meskipun sempat meniadakan kegiatan pengabdian Batch 5 yang seharusnya diselenggarakan pada Bulan Juni-Agustus 2020 kemarin, Sobat Mengajar Indonesia tetap melaksanakan kegiatan pengabdian lain di beberapa Yayasan Yatim pada bulan November.

Selanjutnya, pada bulan Januari hingga Februari nanti, Sobat Mengajar Indonesia rencananya akan melaksakan kegiatan yang sebelumnya tertunda yaitu pengabdian Batch 5. Berbeda dengan pengabdian-pengabdian sebelumnya yang berdurasi 2-3 minggu, kali ini pengabdian akan dilaksakan selama 4 minggu atau satu bulan penuh dari tanggal 21 Januari hingga 21 Februari 2021.

Meskipun pandemi memang masih melanda, namun komunitas ini tetap berusaha untuk dapat memberikan kontribusinya bagi kemajuan pendidikan di daerah-daerah di Indonesia, khususnya Kabupaten Lebak. Tentunya, kegiatan pengabdian akan tetap mengikuti protokol yang berlaku.

Setelah kemarin telah melaksakan Open Recruitment, sebagai bagian dari persiapan kegiatannya, Sobat Mengajar Indonesia saat ini tengah menggalang donasi berupa kerudung, al-quran dan perlengkapan shalat, pakaian layak pakai, buku anak dan perlengkapan sekolah, serta uang. Nantinya, hasil donasi tersebut akan disalurkan kepada masyarakat di daerah-daerah pengabdian.

Kunjungi: Media Sosial Sobat Mengajar Indonesia

Penulis: Nur Hidayah | Editor: Nyimas Kholidya Rizky Amalia

Add comment

Newsletter