BelajarApapun.Com
New Year
Foto : Unsplash/Ameer Basheer

Tahun Baru, Yuk Bangun Semangat Belajar Baru!

BelajarApapun.com, Bandung – Tak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi pergantian tahun baru 2020 ke 2021. Sejujurnya, tahun ini memang penuh kejutan. Adanya pandemi yang awalnya cenderung disepelekan, ternyata justru bertahan hingga akhir tahun dan mempengaruhi banyak hal dalam hidup kita, termasuk dalam proses pendidikan yang sebagian besar dialihkan menjadi daring. Banyak pelajar, tenaga pendidik, bahkan Menteri Pendidikan yang mengakui adanya penurunan semangat belajar di kala pandemi. Karenanya, yuk hadapi tahun baru ini dengan membangun semangat belajar baru! Simak beberapa tips di bawah ini!

Temukan Gaya Belajar yang Sesuai

Pada dasarnya, setiap orang memang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Misalnya, apakah kamu tipe yang lebih suka visual, auditori , atau kinestetik? Orang dengan tipe visual akan senang menggunakan foto dan gambar-gambar dalam proses belajarnya, tipe auditori lebih suka mendengarkan rekaman pembelajaran atau musik, sedangkan tipe kinestetik lebih senang melibatkan anggota badannya ketika belajar. Mengetahui gaya belajar akan mempermudah kita menyerap ilmu yang ingin kita pelajari dengan cara menyenangkan.

Baca juga : Pantun: UNESCO Tetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda

Tantang Diri dengan Membuat Target Belajar

Banyaknya materi yang perlu dipelajari menuntut kita untuk tidak bisa selalu mengandalakan sistem andalan “SKS” alias Sistem Kebut Semalam, yaa. Untuk itu, perlu adanya target secara berkala di setiap sesi belajar. Tentunya target ini harus dibuat sesuai kemampuan agar kita yakin dapat menyelesaikannya. Tak lupa, buatlah reward atau hadiah untuk diri kita sendiri jika kita berhasil menyelesaikan target belajar itu.

Ciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif

Lingkungan belajar memang sangat berpengaruh dalam membangun semangat belajar. Mungkin itulah pula yang menjadi alasan mengapa belajar daring terasa sulit dilakukan, karena lingkungan sekolah yang memang diperuntukkan untuk belajar berbeda dengan lingkungan rumah yang kadang-kadang menjadi kendala tersendiri untuk belajar. Namun, kita dapat menyikapinya dengan menciptakan sendiri lingkungan yang kondusif. Misalnya, kita dapat membentuk kelompok belajar dengan orang-orang yang bersemangat sehingga kita dapat tertular semangat itu pula.

Ingat Tujuan yang Ingin Dicapai

Di tengah-tengah proses belajar, mungkin kita akan merasa bosan dan lelah. Godaan untuk bermalas-malasan, terlebih di tengah pandemi yang menguji kondisi mental, pastilah semakin tinggi. Namun, jangan biarkan diri kita tergoda, ingatlah tujuan akhir yang ingin dicapai. Dengan mengingat tujuan itu, maka kita akan terpacu kembali untuk mengerahkan segala upaya dan terus bersemangat dalam meraihnya. Ingatlah bahwa sesuatu yang indah hanya akan dicapai dengan perjuangan yang sungguh-sungguh.

Tahun baru akan segera kita hadapi. Walaupun beberapa waktu lalu Kemdikbud telah memberikan izin untuk belajar tatap muka, namun tidak sedikit pula sekolah maupun perguruan tinggi yang masih harus melaksanakan belajar daring. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk membangun semangat belajar baru secara mandiri agar lebih siap menghadapi semester baru di tahun baru nanti. Yuk mulai lakukan beberapa tips di atas!

Baca Juga: “Investasi Ilmu di Masa Muda” #WebinarDisiniAjaSesi3

Penulis : Nur Hidayah | Editor : Muhammad Wahiddin

Add comment

Newsletter