BelajarApapun.Com
Seorang praktisi di bidang Pendidikan (sumber :https://edukasi.kompas.com/100-hari-jokowi-maruf-ini-kata-praktisi-pendidikan-tentang-kebijakan-merdeka)
Seorang praktisi di bidang Pendidikan (sumber :https://edukasi.kompas.com/100-hari-jokowi-maruf-ini-kata-praktisi-pendidikan-tentang-kebijakan-merdeka)

Teknologi Pendidikan: Prospek Karirnya Menjanjikan Lho!

BelajarApapun.com, Malang – Orang-orang berpikir jika berkuliah di bidang pendidikan biasanya akan menjadi guru. Mungkin ada sebagian orang yang tertarik di bidang pendidikan dan teknologi tetapi tak ingin menjadi pengajar. Atau juga mereka ingin jadi praktisi pendidikan dan pendiri start up. Maka jurusan  teknologi pendidikan yang sangat tepat. Seperti yang diketahui jurusan ilmu keguruan dan pendidikan yang tersebar di banyak universitas. Untuk jurusan ini tersebar disegelintir universitas negeri. Itupun setiap tahunnya hanya memuat daya tampung penerimaan mahasiswa kurang dari 100 orang. Selain itu, jurusan ini banyak tersebar di universitas yang ada di luar negeri. Mungkin untuk lulusan luar negeri banyak mendirikan start up dan sedikit yang menjadi job seeker. Berbeda dengan lulusan dalam negeri yang masih dominan menjadi job seeker di beberapa perusahaan.

Teknologi Pendidikan berfokus pada pengembangan kurikulum dan IT di Indonesia. Jurusan ini memberi wawasan kepada mahasiswa seputar kurikulum pendidikan. Nantinya lulusan dapat menciptakan kurikulum pendidikan yang inovatif dan solutif di semua lapisan jenjang sekolah. Jurusan ini mengharuskan mahasiswa mahir dalam menggunakan dan menciptakan sistem IT untuk mendukung proses pembelajaran IT dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar. Teknologi pendidikan melibatkan IT dalam pengembangan kurikulum.  Sehingga kurikulum menjadi cocok bagi dunia pendidikan dan dunia kerja.

Teknologi pendidikan juga sudah banyak dikembangkan di berbagai negara lho! Foto: Unsplash.

Baca juga : Cara dan Rumus Penting Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Ada 8 mata kuliah inti yang dibahas di jurusan ini. Mata kuliah yang diajarkan diantaranya pengenalan teknologi pendidikan, strategi pembelajaran. Profesi dari jurusan ini, statistik pendidikan, media pembelajaran. Pengantar kurikulum, desain pembelajaran. dan yang terpenting adalah pembuatan e-learning. mungkin di setiap tahun ada penambahan atau pengurangan mata kuliah dan sks sesuai tuntutan kurikulum dan kebijakan tiap universitas.

Ada lima universitas yang membuka jurusan ini. kelimanya adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Jogjakarta. Oh iya, apa saja sih prospek karir bagi lulusan teknologi pendidikan ? inilah daftarnya :

  1. Praktisi pendidikan
  2. Konsultan pendidikan
  3. Staf ahli Departemen/Dinas Pendidikan
  4. Staf penelitian dan pengembangan di Kementerian/Kepolisian/TNI
  5. Koordinator Online Learning Media
  6. Pengembang software dan aplikasi pendidikan
  7. Staf IT di sekolah dan perguruan tinggi
  8. Guru pendidikan luar sekolah (kursus Komputer)
  9. Pendiri LSM di bidang pendidikan
  10. Pengembang kurikulum pendidikan
  11. Pendiri startup pendidikan

Baca juga :Tidak Lulus Seleksi Perguruan Tinggi Negeri, Tidak Perlu Bersedih

Penulis: Diya Khoirunnisa | Editor: Nyimas Kholidya Rizky Amalia

Add comment

Newsletter