BelajarApapun.Com
Mobil listrik penuh inspirasi dari mahasiswa. Foto: AntaraNews
Mobil listrik penuh inspirasi untuk mahasiswa. Foto: AntaraNews

Universitas Tanjungpura Luncurkan Prototype Mobil Listrik “Kapuas 1”

BelajarApapun.com, Pontianak – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak berhasil meluncurkan purwarupa mobil listrik hemat energi dan sekaligus ramah lingkungan. Launching Mobil Listrik ini di hadiri langsung oleh Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Prof., Dr. Garuda Wiko, SH., M.Si,  Wakil Rektor Universitas Tanjungpura, dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak Dr.rer.nat. Ir. R.M. Rustamaji, M.T., IPU. Prototipe mobil listrik ini diberi nama “Kapuas 1”.

Rektor dari Untan, Garuda Wiko memaparkan, “Bahwa terciptanya mobil listrik Kapuas 1 oleh mahasiswa Fakultas Teknik sebagai bentuk dan upaya Universitas Tanjungpura Pontianak dalam ikut serta untuk melahirkan sebuah karya nyata berbasis ilmu, pengetahuan dan teknologi”.

Karya dari Mahasiswa Fakultas Teknik ini generasi pertama yang lahir dari tangan mahasiswa Untan. Prototipe mobil listrik ini diberi nama “Kapuas 1”. Mobil “Kapuas 1” dirancang memiliki tegangan listrik 48 volt, didukung oleh kapasitas baterai 1 KWH sehingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 50 kilometer per jam, dengan pengisian selama empat jam, dan daya jelajah sepanjang 35 kilometer. Selain itu, badan mobil “Kapuas 1” ini terbuat dari limbah kelapa sawit.

Melihat lebih dekat mobil khusus pandemi Corona Foto: ANTARANewai

Baca Juga: Pertemuan Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PNPDBK)

Mobil listrik generasi pertama yang diberi nama Kapuas 1 itu di buat oleh Tim Untan – ECT yang terdiri dari mahasiswa 3 program studi, antara lain, Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Teknik Mesin, dan Program Studi Teknik Industri. Pembuatan prototipe mobil listrik ini juga memakan waktu satu tahun, mulai dari perencanaan hingga perakitan dan uji coba.

Mobil listrik karya mahasiswa ini diapresiasi Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko. Garuda Wiko mengaku bangga dan siap mendorong dan mendukung mahasiswa fakultas teknik untuk terus melakukan pengembangan. Beliau mengaku bangga atas kerja keras mahasiswa dengan dosen pembimbing yang telah melahirkan inovasi melalui kreativitas yang ada.

Mobil listrik ini juga merupakan upaya Universitas Tanjungpura untuk melahirkan karya nyata berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Rencananya mobil listrik karya mahasiswa ini akan terus dikembangkan dan dimutakhirkan hingga tahun 2023 mendatang.

Penulis: Alma Febrina | Editor: Nyimas Kholidya Rizky Amalia

Add comment

Newsletter